Kamis, 29 Oktober 2009

Jaringan Komputer

JARINGAN KOMPUTER

A. PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER.

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang terhubung dengan satu dengan yang lainnya. Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Pengertiannya akan dijelaskan dalam komponen perangkat keras jaringan komputer.

B. JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER.

Dilihat secara fisik, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1.Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan.
2.Jaringan tanpa kabel (nirkabel) adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio.
Dilihat dari area, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
1.LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang saling berhubungan dalam lokasi yang sama. Contohnya dalam gedung, perusahaan, pabrik, sekolah, dll.
2.MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang  meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Contohnya aringan departemen dimana beberapa kantor departemen tingkat kabupaten/kota  dihubungkan antara satu dengan lainnya.
3.WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis (bisa mencakup satu negara atau benua).
Sistem pemasangan jaringan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1.Jaringan Terpusat adalah jaringan yang terdiri dari beberapa node (workstation) yang terhubung dengan sebuah komputer pusat (komputer server). Pada jaringan ini sistem kerja workstation tergantung dari komputer pusat.
2.Jaringan Peer-to-Peer adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya tanpa komputer pusat (server base). Pada masing-masing komputer workstation terdapat media penyimpanan (hard disk) yang berfugsi sebagai server individu.

C. KOMPONEN PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER

1.Komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada dalam jaringan.
2.Komputer client (workstation)adalah komputer yang menerima pelayanan.
3.Network Interface Card (NIC) adalah sebuah perangkat keras komputer yang dibutuhkan untuk merakit jaringan komputer menggunakan media penghubung kabel. Berfungsi untuk menghubungkan server ke sistem pengkabelan network.
4.Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card serta menghubungkan semua computer yang terhubung ke LAN.
5.Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan. Repeater tidak merubah informasi yang ditransmisikan dan repeater tidak dapat memfilter informasi. Repeater hanya berfungsi membantu menguatkan sinyal yang melemah akibat jarak, sehingga sinyal dapat ditransmisikan ke jarak yang lebih jauh.
6.Switch berfungsi untuk menghubungkan computer yang terhubung LAN, sama seperti Hub. Perbedaannya adalah Switch dapat beroperasi dengan mode full-duplex dab mampu mengalihkan jalur dan memfilter informasi ke dan dari tujuan yang spesifik.
7.Bridge adalah “intelligent repeater”. Bridge menguatkan sinyal yang ditransmisikannya, tetapi tidak seperti repeater, Brigde mampu menentukan tujuan.
8.Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda.
9.LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat di jaringan.

D. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

-Membagi sumber daya (sharing) peralatan (resources), dan software
-Reliabilitas tinggi
-Menghemat uang
-Sarana komunikasi
-Pemrosesan terpusat (terdistribusi)
-Keamanan data
-Akses internet bersama-sama
Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini.
Topologi bintang
Topologi cincin
Topologi bus
Topologi mesh
Topologi pohon

Setiap jenis topologi di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pengguna.